Saturday, November 1, 2014

Cerpen ketiga "Kupon berhadiah"

“KUPON BERHADIAH”

Minuman udah siap di sebelah kanan,  kripik dan cemilan lain udah siap juga. Gua nulis cerpen ini di rumah lebih tepatnya di ruang TV. Sudah ada minumnya, cemilannya, terus ada film yang keren lagi, mantep dah pokoknya. Tapi seperti kata pepatah “gak ada yang sempuna di dunia ini” begitu juga keadaan yang gua alami, udah lengkap, hanya aja jaringan lagi gak bersahabat dan mengakibatkan BBM pending, aaaagghhh~ gagal deh gua chat-an sama seorang cewek. Oh iya, ngomong ngomong sekarang gua udah rada deketan sama seseorang, gua sering chat-an sama dia saat di sekolah atau pun udah di rumah. Ya jujur, sebenarnya gua jadi bisa deket sama dia berawal gara-gara  2 chicken burger yang gua beli buat dia, bukannya dia nyuruh gua beli-in buat dia, tapi ini jujur dari hati gua yang terdalam plus rasa nekad gua.
Ternyata buat ngedeketin cewek itu simple kok cuma rela berkorban aja dengerin kata hati loe bukan otak loe.  Beberapa kasus yang gua tau dari temen temen gua, ngedeketin cewek itu sama kayak kita ikut undian berkupon, untung untungan, loe udah usaha mati matian buat ngisi biodata di kupon eh tau taunya gak dapet, ya kalo kuponnya satu aja sih gak apa apa , lah kalo kuponnya ratusan, nyeseknya ituh di sini (nunjunk dada). Gua pernah ngalamin perjuangan buat memenangkan undian, kalo gak salah itu undian dari merk buku tulis terkenal di Indonesia. Saat itu gua ada di depan TV sama adek gua ayos & iyos, baaru aja nonton TV tau taunya gua di panggil papah gua.
“naaaaa, coba kesini sebentar.” papah gua manggil dari dalam kamar.
“iya, tunggu sebentar.” “ ada apa sih pah ?”
“ kamu mau mobil gak ? bantu-in papah yah, sekaligus nambah pahala juga.” papah gua nanya gua dengan penuh antusias.
“hah, mobil ? beneran nih ?” waduh mobil, tumben banget papah gua bilang gini, minta HP baru dari dulu sampe sekang aja masih belum di kasih. Lah ini malah mobil, ada kesambet apa sih, ini mimpi ya.
“iya na, ini mobil beneran” gua kira sampe situ aja papah gua bicara, eh tau taunya ada sambungannya “tapi, ini tapi ya. Kamu harus ngelakuin beberapa syarat, mau gak ?” nah “syarat”, dalam pikiran gua pasti ribet.
“emm, emang syaratnya apa pah ? ribet gak ?” gua nanya dengan penuh rasa penasaran.
“aaahhh, simple aja kok syaratnya, nih “ papah gua memberikan tumpukan kertas yang sangat banyak menjulang tinggi berikatkan karet gelang.
Gua sempet bengong waktu ngeliat tumpukan kertas yang banyak itu. “ apaan ini pah? banyak banget”
“naahh, ini dia calon mobil kamu. Di isi ya, tulis di belakannya, tapi berhubung kamu belum punya KTP, biodatanya atas nama papah dan mama ya.”
“Jadi harus ikut undian dulu?. Harus ngisi biodata sebanyak ini?. Tapikan belum tentu menang.”
“iya sih belum tentu menang, tapi coba aja, kalo aja dapet mobil. Gak capek juga kan ngisi undian itu, segitu aja.” Papah gue pergi ke dalam kamar.
Sial banget. Kupon gini banyak di bilang gak banyak, ini banyak. Ya walau pun kuponnya kecil sih. Tapi ini kecil kecil cabe rawit, banyak. Harus nulis biodata, print KTP, dan menempel dengan kuponnya. Sumpah nih tangan mungkin bisa lepas juga. Dari sekitar jam 9 malam, setelah habisnya kripik,kopi,lem,dan juga steples. Akhirnya  gue baru selesai nyelese-in ngisi biodata dan kupon itu jam 3 subuh. Tapi penderitaan itu belum selesai, gue harus ngirim tuh ratusan kupon ke toko dan di kumpulin disana.
Sinar mentari pun menyentuh kulitku, hangat hangat basah gitu. Ternyata kucing gue yang ngejilatin gue supaya gue bangun. Tapi dengan sedikit tepisan “Tsaaahh” kucing gue pun melayang, gue nyambung tidur gua di dalam balutan hangatnya selimut dan empuknya guling. Saat gue bangun, gue liat di jendela, ternyata pagi itu harinya cerah banget, mungkin ini pertanda baik buat gue, buat hari gue. rencananya sih gue akan ngirim tuh kupon seitar jam 12-an. Jadi karna gue gak ada kerjaa di rumah, jadinya gue uring-uringan jaa sih di ruang tamu, di kamar, pokoknya di rumah deh. Setelah jam menunjukkan sekitar pukul 11 lebih, gue siap-siap buat ngecari tuh tempat kotak undian. Gue beragkat dari rumah dengan berboncongan dengan motor setia gue, memakai jaket hitam bertuah gue yang berkali-kali sempat melindungi gue dalam beberapa kejadian, apalagi saat gue lagi sedang ada di kumpulan pembalap liar, gue di perlakukan spesial oleh mereka dan ternyata perlakuan itu ada alasannya, kata mereka sih gue mirip kayak Intel. Hahaha intelprocesor maksud loe.
Setelah berkeliling kurang lebih 30 menit buat ngencari tuh tempat atau toko yang ada kotak undiannya, langit pun mulai tidak bersahabat, warna yang awalnya biru, sedikit demi sedikit berubah menjadi abu-abu. Hujan . itu yang ada di pikiran gue, dan sebelum hujan itu terjadi, gue harus ketemu tuh tempat. Entah kenapa suatu keajaiban terjadi, akhir ketemu juga tempatnya, padahal gue sudah ngelewatin tempat itu sebanyak 7 kali. Gue pun masuk kedalam toko, dengan wajah keras, tatapan yang tajam, dan nafas yang terengah-engah gue siap buat memasukkan semua kupon tuh kedalam kotak undian. Tapi niat gue di cegat oleh mba penjaga toko.
“mas mau apa ya?.” Kelihatannya sih mba penjaga toko ini orang sopan , karna gue yakin dari logat dan penyampaiannya yang lembut.
“ya, mba nggak liat. Saya mau masukin nih kupon ke dalam kotak undian.”
“Ooh kupon toh, gak dimasukkan kedalam amplop mas?.”
“hah? Emang harus pake amplop ya mba?.” Dengan nada terejut gue nanya sama mba penjaga toko. Secara gue baru tau ternyata harus di masukkan dalam amplop.
“ya iya lah mas, kuponnya itu satu-satu harus di masukkan dalam amplop.” Mba penjaga toko tersenyum ke gue.
“satu-satu? Maksudnya saya harus ngemasukkin nih kupon yang jumlahnya ratusan ini Satu-satu ke dalam amplop?.”
“iya mas, SATU-SATU.” Mba penjaga kupon tersenyum.
“ini ratusan lho mba.” Gue menegaskan ke mba penjaga toko.
“kalo ratusan kupon, berarti ratusan amplop juga mas.” Iya gue ngerti ratusan, tapi apa harus mba, capppeekkk. Kalo aja gue bisa meronta ronta minta pertolongan sama mbanya.
Setelah meghela nafas “iya deh mba, beli amplop dong yang isinya ratusan.”
“kenapa beli amplop mas, beli tango aja ratusan juga lapisannya.” Mba penjaga toko tertawa.
Dalam hati gue bicara gini.” Nih mba kok malah tambah bikin kesel aja ya, kalo gue tendang gak apa apa kali ya.”
Setelah membeli amplop, gue kembali ke rumah, saat itu langit mulai menurunkan sedikit air dari langit, bisa di bilang sih gerimis. Saat sampai di rumah, gue hamburkan amplop beserta kupon di atas meja. Dan secara perlahan dengan penuh semangat,rasa capek, kejenuhan, kesal, dan lapar, gue mulai memasukkan satu persatu kupon ke dalam amplop. Dan setelah sekitar kurang lebih 2 jam, selesai juga pekerjaan memasuk-masukan (apaan sih pekerjaan memasuk-masukkan?).
Otomatis itu sdh sekitar jam setengah 3, gue pun berangkat dari rumah menuju toko yang sebelumnya. Setelah gue sampai di sana, gue ketemu sama mba yang sangat sopan tadi(ngeselin juga sih).
“sudah selesai mas semuanya di masukkan?.” Mba penjaga toko secara otomatis bertanya ke gue.
“Oh, iya mba ini sudah.”
“silahkan mas masukkan aja ke dalam kotak.” Setelah semua amplop masuk ke dalam kotak, termasuk juga amplop yang terakhir, gue akhirnya merasa lega.
Gue udah berusaha mati-matian buat tuh kupon. Tinggal tuhan aja yang menetukan apakah entar gue dapet mobil seperti yang papah gue bilang atau juga gak dapet apa-apa. Gak ada yang tau. Kayak gitu juga saat loe sedang deket sama seseorang, loe gak bisa mengetahui, apakah loe bisa mendapatkan dia atau nggak, kalo jodoh ya bisa, tapi kalo gak ya gak bisa. Dan semua perjuangan itu butuh tekad, gak ada yang namanya capek,jenuh atau apa pun itu. Yang ada hanya bayangin tujuan loe buat ngedapetin apa yang  loe mau dapetin, gak peduli gimana orang-orang bilang ke loe, loe cuman harus tetap pada pendirian loe dan setelah itu sisanya serrahkan kepada tuhan. Dan walau pun loe gak ngedapetin apa yang loe inginkan, mungkin itu bukan saat yang tepat buat loe. Tapi gak usah khawatir, tuhan pasti akan memberikan yang lebih buat loe. Karna rencana tuhan pasti akan indah pada saatnya.

No comments:

Post a Comment