Sunday, October 19, 2014

Cerppen kedua : USAHA



"Usaha"

Kata om Mario teguh,” jatuh cinta itu mudah tapi membuat orang yang kau cintai juga mencintaimu itu yang tidak mudah. Terkadang engkau harus ikhlas menerima bahwa yang kau cintai tidak mencintaimu.”. Keren sih kata kata dari om Mario teguh, sangat menginspiratif banget. Tapi kalo di resapin bener bener kata kata om Mario teguh itu, bikin capek dan sakit juga yah, masalahnya kita harus berusaha  bikin orang yang kita suka itu juga suka sama diri kita dan kalo gak di terima ya harus di ikhlasin aja, sudah. Itu lah alasan gua males sama yang namanya jatuh cinta tapi tetep aja, gua mudah banget buat jatuh cinta. Itu adalah salah satu penyakit yang cukup parah buat gua. Bukannya apa apa sih, gua paling males dan paling bete kalo suka sama orang terus ujung ujungnya di tolak juga, rasanya tuh mau gua kunyah tuh TV di rumah gua tanpa kecap.
Adek gua Ayos nanya “kak, jatuh cinta ituh gimana sih rasanya ? asin ya ? atau gurih ? terus pacaran itu gimana ? enak yah ?.” buset dah baru kali ini gua denger pertanyaan dari anak umur 5 tahun sebegitu dalemnya, canggih banget dah zaman sekarang sampe sampe anak kecil aja udah tau tentang cinta cintaan gitu. Coba aja di bandingin sama zaman zaman masa kecil gua, jauh banget bedanya, kalo dulu mah cuma tau tentang main,tidur,makan,minta duit,BAB, udah.
Kalo bicarain cinta pertama gua sih agak rada lupa gituh tapi yang gua ingat, dulu waktu SD gua pernah suka sama anak cewek namanya Shely. Dia punya rambut hitam panjang, mata yang tajam, dan kalo ketawa nyengir kayak gini”hihihihi” kuntilanak dong jadinya. Enggak, dia punya rambut hitam panjang dan mata yang tajam. Namanya juga anak SD yang lagi cinta cintanya, punya temen yang pikirannya 11 12 jadi sempurna banget sampai sampai gua pernah dapet kejahilan temen temen SD gua dulu. Gua pernah di kunci dikamar ortu gua bersama shely waktu ituh dan terus dari luar temen temen gua teriak teriak gini “mana bayinya mana bayinya, ayo keluar sekarang juga sekarang juga sekarang juga.” Ya tuhan apa dosa hamba sampe pernah punya temen kaya gituh.
Kembali kecerita awal tentang jatuh cinta. Jatuh cinta kalo di pisahin jadi jatuh dan cinta , jatuhnya karna di tolak atau mungkin putus dan cinta karna udah di terima. Siapa sih yang gak mau jatuh cinta, kucing peliharaan gua aja sering banget malah jatuh cinta lah gua tuannya jarang banget jatuh cinta, enak banget tuh kucing.
“yan, gua mau putus aja nih sama pacar gua, gua diselingkuhin sih” Linda curhat sama gua tentang pacarnya yang bernama gondang, kalau dimasukin ke dalam bahasa Indonesia sih artinya siput sawah yang kotor gituh.
“lah  kok gitu ? darimana loe tau kalo loe lagi di selingkuhin?”
“ya abis, gua liat dia chatingan sama cewek mesra banget gitu, kayaknya hubungan gua ini gak lama lagi deh “ terdengar banget dari nada bicaranya kalo Linda lagi terpuruk banget
“tunggu tunggu, maksudnya gak lama lagi itu loe mau putus ya sama pacar loe si gondang itu ?”
“iya nih mungkin putus adalah jalan terbaik buat hubungan gua”
“mudah banget loe mau putus. Seharusnya loe itu bersyukur karna loe bisa punya pacar, harusnya loe itu jaga dong pacar loe baik baik, jangan di sia siain gitu dong.” Gu sewot sama linda, bukannya apa apa sih. Enak banget dia bilang putus, gua aja malah mau pacaran tapi eh malah gak kesampean.”kayak enak apa buat punya pacar, perjuangannya itu capek banget lho lin dan loe mau putus gitu aja. Tanya dong baik baik mungkin itu Cuma temen dekatnya aja.”
“capek lho yan, sakit yan sakit … loe bukan cewek sih jadinya gak tau apa yang gua rasain sekarang.”
“ya, emang gua bukan cewek lin gua cowok, tapi pilihan loe itu terlalu dini untuk muncul. Loe itu terlalu cepat ambil keputusan. Coba deh loe berpikir dengan kepala dingin” gua berusaha menenangkan linda
“emm … iya yan iya di coba dulu.”
Sumpah dah bisa juga gua jadi orang super bijak padahal gua gak terlalu berpengalaman sama yang namanya pacar pacaran ginih tapi kok bisa banget gua sebijak ginih. gua sempat berpikir, mungkin gua bisa jadi partner atau mungkin penggantinya om Mario , widih ajib dah. Gua bisa ngebayangin gimana gua dengan kepala botak di tengah, kacamata bulat, senyum najong, anjri t jadi apa gua entar. Kalo cerita Linda ini tentang yang namanya jatuh ,ada lagi yang ceritanya tentang cinta. itulah yang sedang di alami sama temen gua yang bernama Ulfah. Ulfah terkenal dengan ciri khasnya yang sangat berhubungan dengan ala ala korea bumbum gituh, sedikit sedikit nyanyi lagu korea yang gak gua ngerti maksudnya apa gituh, atau bisa juga teriak teriak nama idolnya boyband korea yang gak jelas kayak anak anak alay yang di video klipnya joget joget kayak cacing kepanasan gituh, kerenan para penari india lagih. coba aja yang lebih keren nama gua gituh yang teriakin atau sekaligus aja adzan di mesjid sana buat mengembangin bakat.
“cie cie yang baru jadian nih, traktirannya dong.” Gua ngegoda ulfah biar dapet cipratan rezeki jadian dia hehehe.
Ulfah pun tertawa terbaha bahak dengan mulut menganga “whahahahahahahaha …” beneran deh kalo aja ulfah itu cowok, udah deh gua sumpal tuh mulut pake biji duren. “traktir apaan sih ? gaje nih.” Ulfah nyengir
“lah, loe kan baru aja jadian sama efnor. Seminggu yang lalu kan jadiannya ? gua tau.”
“nggak kok, 7 hari yang lalu jadiannya.” Ternyata bener penelitian gua, orang orang yang mengidolakan boyband korea itu pemikirannya agak sedikit terganggu.
Gua bete. “iya 7 hari yang lalu loe jadiannya”
“emm, emang loe mau minta traktir apa sih ? makan ?”
“bisa juga tuh bisa makan aja deh.”
“makan aja tuh di rumah. Whahahaha” biji duren sudah siap di tangan sebelah tangan gua tapi gua tahan.
“yah elo PHP deh, males dah gua.”
“hehehe, doain dong biar gua langgeng sama efnor.”
“iya iya , longlast ya ulfah dan efnor semoga kalian gak bisa terpisahkan walau pun maut dan bencana menghadang, kalian akan tetap bersama” mantep dah doa gua.
“makasih ya yan, hehehe.” Ulfah senyum. “eh, loe tau gak efnor itu romantic lho . katanya dia akan selalu ada buat gua, romantic banget kan.
“yakin loe sama kata kata dia, yakin kalo dia itu jodoh yang tepat yang di tunjukan oleh tuhan buat loe. Gini ya gua beritau. Jalan elo itu masih panjang, jalan efnor juga masih panjang. Entar kedepannya elo dan efnor pasti akan bertemu sama banyak orang. Bisa aja kan diantara kalian entar ada yang milih sama orang yang baru. Jadi, loe gak usah deh terlalu yakin gituh. Hati hati loe kalo terlalu sayang, entar kalo ditinggalin jadi gila loe.” Gua bilang ke ulfah dengan bijaknya.
“astaga gua gak sampe segitunya juga kali, gua masih tetep ingat diri gua. Gak mungkin sampe gila kayak gitu. Elo itu pemikirannya kritis juga ya, gini ya yan. Kita bukan hanya yakin yan tapi kita harus berusaha agar apa yang kita yakini bisa terwujud, dan itulah yang sedang gua lakuin. Gua yakin sama perkataan efnor dan gua akan berusaha agar perkataan dia itu jadi kenyataan.” Ternyata ulfah juga ngebales kata kata gua dengan lebih bijak.
“ya bener juga sih kata elo, tergantung usahanya juga sih.”
Setelah percakapan gua sama ulfah dan setelah gua memberi saran buat linda, akhirnya gua rada ngerti apa itu artinya jatuh cinta dan apa kunci jatuh cinta. Jatuh cinta adalah prasaan dari hati dan diri untuk menerima seseorang apa adanya, gak peduli bagaimana keadaannya,atau pun bentuknya. Asalkan dia yakin maka semua hal pasti bisa terjadi. Kalo kuncinya sih simple aja, “usaha” satu kata itu lah kunci dari jatuh cinta. Jatuh karena kekurangan usaha yang mengakibatkan perpecahan. Dan  hanya karena usaha yang besar untuk meyakini apa yang telat di buat, maka cinta pun akan terbentuk sekuat usaha yang telah dilakukan.


Yoshhh !!! ini cerpen kedua gue, ada temen yang curhat sama gue ... karna ceritanya bagi gue unik makanya gue buat cerpen dan gue share .




No comments:

Post a Comment